Peneliti Inggris Temukan Al Qur’an Semasa Dengan Nabi Muhammad ﷺ Hidup

Manuskrip Al Qur'an Semasa dengan Nabi Muhammad ﷺEramuslim – Umat Islam kembali dihebohkan dengan penemuan naskah manuskrip kuno Al Qur’an diperkirakan berusia 1370 tahun oleh para peneliti dari Universitas Birmingham, atau yang berarti semasa dengan Nabi Muhammad ﷺ masih hidup.

Seperti dilansir kantor berita BBC dari ahli naskah di Perpustakaan Inggris, Dr Mohamed Isa Wali, mengatakan, “Ini adalah penemuan yang mengejutkan bagi seluruh umat Muslim di dunia. Penelitian dengan menggunakan teknologi radio karbon menyatakan bahwa naskah Al Qur’an ini berusia sekitar 1370 tahun.”

Sementara itu direktur manuskrip Universitas Birmingham, Susan Loral, dalam keterangannya mengatakan bahwa uji teknologi radio karbon di Oxford University mendapati bahwa Al Qur’an yang tertulis di atas lembar kulit domba atau kambing ditulis antara tahun 568 sampai 645 Masehi, dengan hasil kebenaran mencapai 95%.

Sedangkan Profesor David Thomas, profesor spesialis dalam agama Kristen dan Islam memperkirakan bahwa Al Qur’an ini ditulis pada tahun-tahun awal Islam disebarkan Nabi Muhammad ﷺ.

“Sirah Nabawiyah menunjukan bahwa Nabi Muhammad menerima wahyu antara tahun 610 hingga 632 Masehi, dimana beliau wafat di kota Madinah. Dan mungkin saja Al Qur’an tersebut ditulis dimasa Nabi Muhammad ﷺ hidup,” ujar Profesor David Thomas.

Al Qur’an ini sendiri ditemukan berada di perpustakaan Universitas Birmingham bersama dengan buku-buku dari Timur Tengah, dan diperkirakan telah ada di sana sejak ratusan tahun yang lalu. (Bbcarabic/Ram)