Pengadilan Belgia Perintahkan Tangkap Mantan Menteri Zionis Israel Atas Tuduhan Kejahatan Perang Gaza

tzipi-livniEramuslim – Pengadilan Belgia memerintahkan penangkapan mantan Menteri Luar Negeri Zionis Israel, Tzipi Livni, pada 23 Januari mendatang atas kejahatan perang dan kemanusiaan di Jalur Gaza, seperti dilansir dari sumber resmi Uni Eropa pada hari Kamis (20/01).

Tzipi Livni akan ditangkap saat melangkah turun dari pesawat di bandara untuk berpartisipasi dalam sebuah konferensi di Parlemen Eropa di ibukota Brussels. Mantan Menlu Zionis Israel di era PM Ehud Olmert ini bertanggung jawab atas agresi pertama ke Jalur Gaza.

Perintah penangkapan Tzipi Livni dikeluarkan setelah pada tanggal 23 Juni 2010 lalu, sekelompok korban di Belgia mengajukan gugatan ke Jaksa Federal terhadap pejabat sipil dan militer Zionis Israel yang bertanggung jawab atas genosida di Jalur Gaza pada tahun 2008, termasuk diantaranya Tzipi Livni.

Kantor Federal Kejaksaan menegaskan bahwa Tipzi Livni akan dicegat Polisi Yudisial Federal selama tinggal di Belgia untuk diperiksa dan didengar kesaksiaannya.

Sebanyak 1.314 warga sipil tewas akibat agresi 23 hari ke Jalur Gaza yang berlangsung dari tanggal 27 Desember 2008 sampai 18 Januari 2009. (Memo/Ram)