Situasi Kian Memanas, Iran Beri Peringatan Ini ke AS

eramusim.com – Iran memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk “menjauhi” potensi bentrokan antara Teheran dan Israel. Adapun Washington telah memperingatkan Teheran agar tidak menargetkan fasilitas Amerika, menurut asisten Presiden Iran Mohammad Jamshidi pada Jumat (5/4/2024).

“Dalam pesan tertulis, Republik Islam Iran memperingatkan para pemimpin AS agar tidak terseret ke dalam perangkap (Perdana Menteri Israel Benjamin) Netanyahu untuk AS: Menjauhlah agar Anda tidak terluka,” tulis Jamshidi di X.

“Sebagai tanggapan, AS meminta Iran untuk tidak menargetkan fasilitas Amerika,” papar dia.

Iran menuduh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melakukan serangan udara terhadap konsulatnya di ibu kota Suriah, Damaskus pada hari Senin, menewaskan tujuh perwira Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), termasuk dua jenderal.

Sementara IDF mengikuti kebijakannya yang biasa dengan tidak membenarkan atau menyangkal operasi di luar negeri, Menteri Pertahanan Yoav Gallant menyimpulkan tanggung jawabnya ketika dia mengatakan pada Rabu bahwa Israel “menyerang musuh-musuh kita di seluruh Timur Tengah.

”Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei telah berjanji membalas, dengan menyatakan pada Rabu bahwa Israel “tentu saja akan menerima tamparan di wajah atas tindakan ini.”

IDF menanggapinya dengan membatalkan semua cuti dan mengacak sinyal satelit di Tel Aviv untuk mengantisipasi serangan sebagai tanggapan.

Para pejabat AS belum mengatakan apakah serangan Iran terhadap Israel akan menjadi dasar intervensi militer.

Namun, Washington telah berulang kali memperingatkan Iran untuk tidak terlibat dalam perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung, dan Teheran telah mematuhinya.

Daripada ikut serta dalam konflik secara langsung, Iran malah melanjutkan kebijakannya mempersenjatai dan melatih milisi Syiah di Irak dan Suriah, serta gerakan Hizbullah Lebanon, yang saling baku tembak dengan pasukan Amerika dan Israel sejak konflik dimulai pada bulan Oktober.

Berbicara kepada CNN pada Kamis, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan AS “sangat prihatin” terhadap potensi perang antara Israel dan Iran, sebelum menambahkan AS akan terus memberikan bantuan militer kepada Israel.

Postingan Jamshidi adalah pengakuan pertama dari kedua belah pihak dalam pembicaraan jalur belakang antara Washington dan Teheran sejak serangan kedutaan. Namun, seorang pejabat Amerika yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Axios pada Selasa bahwa AS “secara langsung” memberi tahu Iran bahwa mereka “tidak terlibat dalam serangan itu dan kami tidak mengetahuinya sebelumnya.”

Berbicara setelah prosesi pemakaman para perwira yang terbunuh di Teheran pada Jumat, komandan IRGC Hossein Salami mengatakan kepada kerumunan orang yang berkabung bahwa, “Tidak ada tindakan musuh mana pun mengenai (Republik Islam) yang tidak terjawab.”

 

(Sumber: Sindonews)

Beri Komentar