Pengawas Sekolah Inggris Akan Tanya Setiap Siswi Berhijab: “Dipaksa atau Tidak”

Selain itu, ada kekhawatiran hijab di sekolah dasar bisa berujung pada seksualisasi anak-anak perempuan, sebab pakaian itu secara tradisional diwajibkan bagi anak perempuan Muslim yang sudah baligh sebagai tanda kesopanan di hadapan laki-laki, kata Spielman.

National Secular Society (NSS) akhir September merilis sebuah hasil studi, yang katanya menemukan bahwa dari lima sekolah Islam di Inggris, dua lebih di antaranya mewajibkan anak putri mengenakan hijab sebagai bagian dari seragam sekolah. Itu artinya, sebanyak 42 persen dari sekolah-sekolah Islam, termasuk di dalamnya 27 sekolah dasar, memiliki kebijakan seragam yang menyatakan bahwa hijab adalah keharusan.

Berdasarkan temuan itu, NSS kemudian menulis surat kepada Menteri Pendidikan Justine Greening untuk meminta agar pemerintah memastikan anak-anak perempuan berlatar belakang Muslim diberikan kebebasan untuk memilih dan bukannya dipaksa untuk mengenakan hijab dengan daih nilai- norma dan hak asasi manusia terkait hak anak.

Jilbab dan baju Syar’I sendiri merupakan bentuk penghargaan Islam kepada kaum wanita yang dianggap sangat mahal dan mulia, sehingga aurat tubuhnya hanya boleh dilihat dan disentuh oleh orang yang menjadi mahramnya, bukan seperti jajanan yang di jajakan dipinggir jalan. (HI/Ram)