Riset: Awas! Internet Bisa Pengaruhi Ketaatan Seseorang Terhadap Agama

Eramuslim – Hasil riset yang diterbitkan The Journal for Scientific Study of Religion pada bulan Januari 2018 menyatakan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain internet, semakin berkurang tingkat ketaatan seseorang terhadap agama.

Para sosiolog menganggap fenomena ini sebagai religious tinkering. Menurut Paul McClure, mahasiswa program doktor Sosiologi di Baylor University yang melakukan penelitian ini, maksud dari “tinkering adalah seseorang yang tidak lagi berpegang pada institusi atau dogma agama.”

“Saat ini, karena kita semakin sering menghabiskan waktu bermain internet, kita berpikir lebih pluralis terhadap agama sebelum kita menjadikannya jalan hidup,” ujar Paul McClure.

Dalam risetnya, McClure melakukan studi terhadap 1.700 orang dewasa yang berpartisipasi pada Baylor Religion Survey di tahun 2010. Pertanyaannya meliputi seberapa sering mereka mengikuti kegiatan keagamaan, berapa lama mereka berselancar di internet, dan seberapa setuju mereka dengan pernyataan, ‘semua agama di dunia sama-sama benar’.

Hasil jawaban ini kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah ada hubungan antara waktu yang kita habiskan untuk berselancar di internet dengan waktu untuk beribadah. Analisisnya juga menggunakan variabel lainnya, seperti umur, etnis, tempat tinggal, dan politik.

Yang mengejutkan McClure dari data penelitiannya adalah salah satu variabel menunjukkan orang yang menghabiskan banyak waktu dengan internet cenderung tidak memilih agama apapun. Mereka juga lebih sering melewatkan waktu untuk beribadah dan memiliki pandangan lebih pluralis, serta tidak percaya ada agama ‘yang paling benar’.