Rusia Minta 3 Syarat Untuk Normalisasi Hubungan Dengan Turki

putin-erdoganEramuslim – Duta Besar Rusia untuk Turki, Andrey Karlov, mengingatkan bahwa negaranya memiliki 3 syarat yang harus dipenuhi ankara jika mereka menginginkan normalisasi hubungan kedua negara pasca insiden penembakan pesawat Sukhoi Su-24.

“Presiden Vladimir dan Erdogan telah mencapai kesepakatan bersejarah untuk memulihkan kembali hubungan yang rusak akibat insiden penembakan 24 November 2015. Akan tetapi masih ada proses yang panjang yang harus dilalui untuk mencapainya,” ujar Andrey Karlov dalam keterangan persnya pada hari Kamis (30/06) kemarin.

Andrey Karlov melanjutkan, “Rusia meminta 3 syarat yang harus dipenuhi Turki jika menginginkan pemulihan itu tercapai. Pertama adalah meminta maaf, lalu kedua menghukum yang bersalah, dan yang ketiga adalah kompensasi kepada keluarga korban,” seperti dilansir Rusia Today.

Sementara itu dalam keterangan terpisah, pembantu presiden Rusia, Yuri Ushakov, mengatakan bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi intensif dengan pemerintah Turki mengenai masalah kompensasi bagi keluarga korban Su-24. (Rassd/Ram)