Secara Diam-Diam, Biden Setuju Kirim Lebih Banyak Senjata ke Israel

Biden Diam-diam Setuju Kirim Lebih Banyak Senjata ke Israel

Eramuslim.com – Dalam beberapa hari terakhir, Presiden Amerika Serikat Joe Biden diam-diam telah menandatangani pembelian bom dan jet tempur baru senilai miliaran dolar untuk Israel.

Kabar itu diungkap oleh pejabat anonim dari Departemen Luar Negeri AS, seperti dikutip dari Washington Post pada Minggu (31/3).

Dikatakan bahwa pekan ini, Biden sudah menyetujui pembelian 1.800 bom MK84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK82 seberat 500 pon.

Sementara sumber AS lain mengatakan pekan lalu Biden telah memberikan izin untuk transfer 25 jet tempur dan mesin F-35A ke Israel.

Untuk kisaran harga pesawat dan senjata, diperkirakan totalnya mencapai 2,5 miliar dolar AS atau Rp39,7 triliun.

Penjualan tersebut belum diberitahukan secara publik, dan tidak ada pengumuman terkait di situs Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan di mana pemberitahuan tersebut biasanya dipasang.

Persetujuan senjata bertolak belakang dengan perselisihan yang terjadi antara Biden dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini.

Hubungan keduanya semakin tegang setelah AS gagal memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza.

Netanyahu membalas dengan tiba-tiba membatalkan rencana kunjungan delegasi antarlembaga Israel ke Washington untuk membahas alternatif AS selain invasi Israel ke Rafah. Kini pertemuan tersebut dijadwalkan ulang.

Perselisihan tersebut tampaknya tidak mempengaruhi kesediaan Biden untuk terus memasok senjata ke Israel.

(RMOL)

Beri Komentar