Senator AS: Daripada Banyak Bicara, Mending Bin Salman Bantu Jalur Gaza

Eramuslim – Senator kenamaan Amerka Serikat, Bernie Sanders, mengkritik keras sikap diam pemimpin negara kaya di kawasan Dunia Arab, khususnya Saudi, untuk membantu warga Palestina di Jalur Gaza.

Pernyataan ini dilontarkan Senator negara bagian Vermont ini dalam konferensi tahunan “J-Street”, organisasi Yahudi-Amerika, dan meminta Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman untuk berbuat lebih banyak bagi warga Gaza.

“Putra Mahkota baru-baru ini membeli kapal pesiar setengah miliar dolar karena dia pikir itu indah, dan saya yakin istananya yang paling mahal di dunia, senilai $ 300 juta, juga indah,” ujar Senator dari Parta Demokrat yang pernah bersaing dengan Hillary Clinton untuk menjadi wakil Partai dalam Pilpres AS 2016 silam.

“Berhenti berbicara tentang orang miskin dan penderitaan mereka di sektor ini, melakukan sesuatu untuk menghadapinya,” ujar Sanders seraya menambahkan, “Saya juga mendengar bahwa raja Arab Saudi memberikan 50 juta dolar untuk pengungsi Palestina. Jumlah ini tidak sedikit, tetapi hanya 10% dari apa yang dibayarkan putra mahkota untuk kapal pesiar.” Lansir Aljazeera Rabu (18/04).

Sebelumnya dalam KTT Liga Arab yang digelar pada pekan kemarin, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud menyumbang $ 150 juta untuk mendukung Dewan Wakaf Islam di Al Quds, serta $ 50 juta lainnya untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Dan dihari yang sama dengan pengumuman ini, Biro Pusat Statistik Palestina menyatakan bahwa bahwa lebih dari separuh penduduk Gaza di tahun 2017 miskin. (Aljazeera/ram)