Siaga Perang, Kapal Induk Nuklir AS Masuk Selat Malaka

Eramuslim.com – Armada tempur Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces), kembali dikerahkan ke Laut China Selatan menyusul ketegangan dengan China yang belum mereda. Armada perang Amerika Serikat (AS) sempat melewati Selat Malaka dan dipimpin oleh kapal induk USS Ronald Reagan (CVN-76).

Menurut laporan yang dikutip dari United Press International (UPI), USS Ronald Reagan membawa sejumlah jet tempur yang tergabung dalam Sayap Kapal Induk ke-5. Selain itu, armada tempur militer AS diperkuat oleh kapal jelajah berpeluru kendali, USS Antietam (CG-54), dan dua kapal perusak berpeluru kendali, USS John S. McCain (DDG-56), dan USS Halsey (DDG-97).

Kapal induk USS Ronald Reagan bersama tiga kapal perang militer AS dikabarkan melewati Selat Malaka, untuk kemudian memasuki Laut China Selatan, Senin 12 Oktober 2020 lalu. Kapal perang USS Ronald Reagan untuk ketiga kalinya beroperasi di Laut China Selatan.

Menurut keterangan Armada ke-7 Angkatan Laut AS (US Navy), pengerahan kapal induk USS Ronald Reagan dan sejumlah kapal perang lainnya adalah tak hanya untuk melakukan operasi keamanan maritim. Akan tetapi, kapal-kapal ini nantinya akan ikut serta dalam latihan serangan maritim dan pelatihan taktis unit.