free hit counters
 

Inilah Perpustakaan Terbesar di Dunia Islam

Redaksi – Kamis, 1 Rabiul Awwal 1441 H / 31 Oktober 2019 16:30 WIB

Eramuslim.com – Perpustakaan terbesar dunia Islam adalah Bait al-Hikmah di Baghdad. Bait al-Hikmah didirikan pada 830 Masehi oleh khalifah Dinasti Abbasiyah, al-Makmun.

Sejarawan Amerika keturunan Arab, Philip K Hitti, mengatakan, Bait al-Hikmah sebagai kombinasi antara perpustakaan, akademi, dan biro penerjemah yang menjadi lembaga pendidikan paling penting setelah perpustakaan Alexandria yang berdiri 1.100 tahun sebelumnya. Perpustakaan ini menjadi tempat menimba ilmu bagi siapa saja, termasuk komunitas Kristen Eropa selama Abad Pertengahan.

Di Spanyol, perpustakaan paling terkenal pada masa kejayaan Islam adalah perpustakaan kebanggaan Khalifah al-Hakam II al-Mustansir (961-976) di Kordoba. Al-Hakam yang juga seorang cendekiawan membeli buku ke Alexandria, Damaskus, dan Baghdad, serta mempekerjakan dalam jumlah besar ahli-ahli kaligrafi dan penjilid buku. Perpustakaan miliknya memiliki koleksi lebih dari 400 ribu buku dengan 44 volume katalog.

Perpustakaan itu memiliki koleksi buku lebih besar jika dibandingkan dengan perpustakaan Kesultanan Fatimiyah di Kairo yang didirikan oleh Khalifah al-Aziz (975-996). Perpustakaan Fatimiyah hanya memiliki koleksi buku sebanyak 200 ribu volume. Di Kordoba terdapat salinan manuskrip yang ditulis oleh al-Tabari tentang sejarah para nabi dan khalifah, serta beberapa koleksi buku perpustakaan Bait al-Hikmah. Kordoba dikenal sebagai kota yang turut menyebarkan ilmu melalui perpustakaan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru

blog comments powered by Disqus