Tahun 2016, Jerman Akan Tambah Personel Militer di Afghanistan

tentara-jerman-Eramuslim – Pemerintah Jerman berencana akan menambah jumlah personel militer mereka di Afghanistan pada tahun 2016 mendatang, setelah adanya permintaan resmi dari pemerintah Kabul terhadap AS dan sejumlah negara sekutunya.

Seperti dilansir Spiegel dari sumber pejabat tinggi Berlin dalam pemberitaan elektronik pada Rabu (10/11) malam menyatakan, “Penambahan ini dilakukan akibat kondisi keamanan yang tidak stabil di Afghanistan.”

Menurut pejabat yang tidak mau diungkapkan namanya mengatakan bahwa rencana tersebut terdiri dari penambahan jumlah personel militer Jerman dari 850 menjadi 980 personel, hingga perpanjangan masa tugas selama 1 tahun kedepan.

Pada awalnya, Jerman justru berencana akan menarik sebagian besar personel militernya dari kota Mazar-e-Sharif, sekitar 400 km barat laut Afghanistan, di awal tahun 2016 mendatang, dan hanya akan menempatkan ratusan personelnya di ibukota Kabul.

Amerika Serikat masih menjadi negara terbanyak yang mengirimkan tentara asing di Afghanistan dengan jumlah 9800 tentara hingga akhir tahun 2016, di ikuti dengan negara-negara yang tergabung dalam Aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara. (Almasryalyoum/Ram)