Taliban Afghanistan Umumkan Kematian Mullah Omar Akibat Sakit Berkepanjangan

395454 01: (UNDATED PHOTO) Mullah Omar, chief of the Taliban, is shown in this headshot photo. Military forces from the United States and Britain have begun attacking targets October 7, 2001 in Afghanistan. (Photo by Getty Images)

Eramuslim – Teka-teki wafatnya pemimpin Taliban Afghanistan akhirnya terjawab sudah, setelah pada hari Kamis (30/07) kemarin gerakan bersenjata Taliban mengumumkan kematian pemimpinnya Mullah Mohammad Omar akibat sakit yang dideritanya.

Seperti dilansir file yang diperoleh kantor berita Agence France Presse “AFP” dari gerakan Taliban menyatakan bahwa pemimpin mereka Mullah Omar wafat akibat serangan penyakit, tanpa mau menyebutkan tanggal dan tahun kematiannya.

Informasi ini senada dengan pengumuman yang diterbitkan dinas intelejen Afghanistan pada hari Rabu (29/07) yang menyatakan bahwa Mullah Omar telah meninggal pada bulan April di sebuah rumah sakit Pakistan.

Memimpin Taliban sejak tahun 1996, mujahidin Mullah Omar memilih melakukan perang gerilya di daerah pedalaman untuk melawan penjajah Amerika Serikat pasca berhasil menggulingkan pemerintahan Taliban di tahun 2001 lalu. (Skynewsarabia/Ram)