9 Tempat Istimewa yang Perlu Dikunjungi Saat Musim Haji

Eramuslim – Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam kelima yang wajib dilakukan sekali seumur hidup apabila mampu. Ibadah yang dilakukan di Tanah Suci, Makkah dan Madinah, ini menjadi pelengkap dari keislaman seorang Muslim.

Sebelum berangkat haji, ada baiknya Anda mengetahui 9 tempat ini yang telah Okezone lansir dari About Islam, Jumat (2/8/2019).

1. Ka’bah

Kakbah adalah rumah kuno yang dibangun Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran: “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim membangun dasar-dasar Baitullah bersama anaknya yang bernama Ismail (seraya berdoa): “Ya Rabb kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.” (QS. Al-Baqarah[2]: 127)

Umat Muslim melakukan tawaf di sekitar Kakbah, yaitu mengitarinya tujuh kali, dimulai dari Hajar Aswat. Lalu bergerak berlawanan dengan arah jarum jam. Kemudian dilanjutkan dengan salat dua rakaat di belakang makam Ibrahim. Setelah itu berpindah ke Safa dan Marwah.

2. Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah sebuah masjid yang berlokasi di pusat Kota Makkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam.

Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil HUaram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi al-Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui bahwa berpaling ke Masjidil UHaram itu adalah benar dari Rabb-nya; dan Allah sekali-kali tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al-Baqarah: 144)