Saudi Akan Bangun Hunian Vertikal di Mina

Eramuslim – Ketua Umum Himpunan Pengusaha Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH), Baluki Ahmad, mengatakan persoalan kepadatan tenda jamaah haji sewaktu di Mina memang jadi perhatian. Namun, pihaknya yakin masalah ini akan segera terselesaikan karena pemerintah Arab Saudi sudah mempersiapkan proyek untuk mengatasi masalah itu.

”Yang saya tahu, di Mina nanti dibangun semacam apartemen susun. Proyek ini sudah dimulai. Berbagai sumber di Arab Saudi mengatakan hal itu. Dalam beberapa waktu akan diwujudkan,” kata Baluki Ahmad, di Jakarta, Senin (17/9).

Baluki mengatakan, proyek pembangunan apartemen susun bukan hanya sekedar rencana saja. Namun pada saat itu sudah mulai diwujudkan misalnya dengan pembangunan pondasi.

“Pemerintah Arab Saudi tengah menghitung masa pembangunan proyek itu. Hitungannya, pembangunan itu harus selesai dalam jangka watu satu tahun. Dan ini saya kira masuk akal dengan adanya model pembangunan apartemen dan hotel yang memakai sistem blok yang kini lazim dilakukan itu. Begitu pembangunan dimulai secara masif, maka dalam kurun waktu sebelum musim haji harus selesai. Pihak Arab akan menghitung proyek yang akan dikerjakan selama 24 jam tersebut,” tegasnya.

Akan adanya pembangunan itu, lanjut Baluki, maka nantinya akan ada pengefektifan hotel dan hunian yang ada di sekitar wilayah Aziziyah. Wilayah yang terdekat dengan Mina ini akan dijadikan solusi sementara bagi penampungan jamaah haji ketika terjadi masalah dalam pelayanan ‘mabit’ bagi jamaah haji.