Tanggapi Israel Diserang Iran, Erdogan: Yang Paling Bertanggung Jawab adalah Netanyahu

eramuslim.com – Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan pada Selasa (17/4/2024) menilai, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas serangan langsung pertama Iran terhadap Israel.

“Yang paling bertanggung jawab atas ketegangan yang mencengkeram hati kita pada malam 13 April adalah Netanyahu dan pemerintahannya,” kata pemimpin Turkiye yang kerap mengkritik Israel dan kepemimpinannya itu dalam pidato yang disiarkan di televisi.

Ia menyesalkan, ada sejumlah pihak yang telah diam selama berbulan-bulan tentang sikap agresif Israel, tapi kemudian segera mengutuk tanggapan Iran terhadap Israel.

“Padahal, Netanyahu sendirilah yang seharusnya dikecam,” ucap Erdogan sebagaimana dikutip dari AFP.

Dia menilai, serangan Israel pada 1 April terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah, melanggar hukum internasional.

Sebelumnya, Turkiye pada Minggu (14/4/2024) menyerukan “diakhirinya eskalasi” di Timur Tengah setelah serangan Iran terhadap Israel, dengan mengatakan ada risiko memicu perang regional.

Iran meluncurkan lebih dari 300 pesawat tak berawak dan rudal ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam sebagai tanggapan atas pengeboman Israel terhadap bagian konsuler di kedutaannya di Damaskus.

Israel mengeklaim, hampir semua proyektil berhasil dicegat oleh Israel dan sekutunya.

 

(Sumber: Kompas)

Beri Komentar