Bentuk Aliansi Baru , Dewan Revolusi Suku Irak untuk Bebaskan Baghdad

Dewan Revolusi Suku IrakMajelis suku-suku Irak menegaskan dukungan mereka terhadap kaum revolusioner Sunni, dalam pertemuan pembentukan Dewan suku Irak di kota Erbil hari Senin (07/08) kemarin.

Dalam pertemuan yang di ikuti oleh 40 pemimpin suku di Irak tersebut, para pemimpin suku sepakat untuk membentuk Dewan Revolusioner Suku-Suku Irak sebagai wadah untuk mendukung perjuangan membebaskan Baghdad kaum Sunni dan melakukan dialog dan negosiasi politik dengan faksi perjuangan lainnya.

Dewan Revolusioner Suku-Suku Irak menyatakan bahwa organisasinya bersifat independen dan terpisah dengan Daulah Islam (ISIS), namun memiliki satu tujuan yang sama yaitu membebaskan Baghdad dari pemerintah Syiah PM Nouri al Maliki.

Seperti dilansir koresponden al Jazeera di Irak menyatakan bahwa sejumlah pemimpin suku dari wilayah selatan Irak menyatakan ingin bergabung dengan Dewan Revolusioner Suku-Suku Irak, akan tetapi mereka meminta maaf karena kondisi saat ini di Irak.

Dalam konferensi pers, Dewan Revolusioner Suku-Suku Irak menyatakan dukungan penuh terhadap milisi bersenjata suku Irak menghadapi pasukan pemerintah dan terbuka untuk semua pemimpin suku di Irak yang ingin bergabung didalamnya.

“Nantinya Dewan Revolusi ini akan diperluas mencakup kekuatan baru yang mewakili kaum intelektual, teknokrat dan ulama,” ujar sekjen Dewan Revolusioner Suku Irak. (Aljazeera/Ram)