The Guardian Ungkap App Manipulasi Audio-Video, ada Kaitan Dengan Kasus Habib Rizieq?

Eramuslim – Serbuan berita-berita palsu di dunia kian sulit untuk dibendung. Saat ini, berita-berita palsu tak hanya muncul dalam bentuk tulisan atau foto, tapi juga bisa berbentuk audio dan video.

Seperti dilansir Guardian dalam terbitannya Minggu (30/7), mengungkapkan sebuah aplikasi canggih baru yang memungkinkan seseorang untuk memanipulasi audio dan juga video. Mereka yang menggunakan aplikasi ini bisa berpura-pura sebagai orang lain.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh Guardian di jejaring video sosial Youtube, tampak terlihat beberapa potongan video wawancara mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, yang ternyata semuanya adalah palsu.

“Manipulasi audio dan video saat ini semakin terlihat nyata. Contoh audio dapat diproyeksikan ke dalam wajah di sebuah video,” tulis Guardian dalam keterangan video mereka.

Mereka yang ingin membuat video-video palsu ini tidak perlu menggunakan peralatan yang sanggat canggih. Mereka hanya perlu aplikasi yang mampu memanipulasi audio dan video dan sebuah kamera. Selanjutnya, pengguna hanya perlu membuat gerakan wajah dan bibir, yang kemudian akan diproyeksikan ke bentuk tokoh yang mereka ingin tiru.

Sangat sulit untuk membedakan mana video asli dan palsu, jika bukan diperiksa oleh para pakar. Satu-satunya cara untuk menghindari berita palsu semacam ini adalah dengan melakukan pengecekan sumber berita dan membandingnya dengan situs-situs berita lain yang terpercaya. (SN)

Berikut video-video tersebut: