Tiba-Tiba Saudi Undang Tokoh Kenamaan Syiah Irak

Eramuslim ā€“ Minggu 30 Juli 2017, pemimpin organisasi Syiah Irak, Muqtada al-Sadr, dikabarkan telah tiba di kota Jeddah, Arab Saudi. Kedatangan tokoh berpengaruh Syiah ini dilaporkan atas undangan dari pihak Kerajaan seperti dilansir Al Jazeera.

Seperti dikutip kantor berita Saudi SPA menyatakan bahwa kedatangan Muqtada al-Sadr disambut dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman. Keduanya bertemu untuk membahas permasalahan kedua negara.

Belum ada pernyataan resmi menjelaskan sebab dan agenda yang dibicarakan Pangeran Muhammad bin Salman dengan Muqtada al-Sadr dalam kunjungan ini. Baik pemerintah Saudi, Irak maupun al-Sadr memilih menutup mulut.

Saudi Crown Prince Mohammed bin Salman meets with Iraqi Shi’ite leader Muqtada al-Sadr in Jeddah, Saudi Arabia July 30, 2017. Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS

Sementara itu, kantor berita Anadolu Agency melansir dari sumber politik di Organisasi al-Sadr bahwa kunjungan pemimpinnya ke Saudi itu untuk menekankan pentingnya membangun kembali hubungan antara Riyadh dan Baghdad.

Selain bertemu dengan Putera Mahkota, Muqtada al-Sadr dikabarkan bertemu dengan sejumlah pejabat penting Saudi lainnya.

Muqtada al-Sadr merupakan pendiri sekaligus pemimpin organisasi Syiah al-Sadr. Organisasi ini memiliki 34 kursi di parlemen Irak. Ia juga memiliki sayap militer, Saraya As-Salam. Milisi ini menjadi bagian dari milisi Syiah Al-Hasd Al-Syakbi dalam operasi anti mujahidin Islam Irak.

Ini merupakan kunjungan al-Sadr untuk pertama kali sejak 11 tahun, di aman ia terakhir mengunjungi Saudi pada 2006 silam.

Hubungan Saudi dan Irak kembali membaik. PM Irak Haidar Al-Abadi telah mengunjungi Saudi. Dalam sejumlah konferensi internasional, kedua negara juga menggelar pertemuan-pertemuan khusus. (Aljazeera/KI/Ram)