Toko Unik, Warga Amerika dan Inggris Wajib Minta Maaf Jika Ingin Masuk

Eramuslim – Sebuah toko di Ramallah, Palestina tampak memajang sebuah banner peringatan bagi orang-orang Amerika Serikat dan Inggris. Banner itu berhasil diabadikan oleh seorang kontributor kantor berita AFP dalam sebuah foto yang dishare via Twitter.

“Ditemukan di kota Palestina, Ramallah,” tulis Joe, Kamis (15/02/2018), melalui akunnya @joedyke sembari menyertakan foto yang berisi peringatan di bawah ini.

Kepada orang-orang Amerika dan Inggris, sebelum masuk, kalian harus mengajukan permintaan maaf dan pertanggungjawaban atas deklarasi Balfour dan keputusan kotor Trump yang telah menyebabkan rasa sakit dan penderitaan bagi orang-orang Palestina hingga saat ini.

Deklarasi Balfour, yang diumumkan pada tahun 1917, secara sepihak menginisiasi pendirian sebuah negara bagi orang-orang Yahudi di tanah Palestina, tanpa meminta persetujuan dari penduduk asli bangsa Palestina, yaitu orang-orang Arab Palestina.

Sementara itu, pada tanggal 6 Desember, Presiden AS Donald Trump mengumumkan keputusan pemerintahannya untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Keputusan itu memicu unjuk rasa di seluruh dunia.

Pasukan pendudukan Israel telah menahan 430 warga Palestina dan melukai lebih dari 3.400 orang lainnya di Tepi Barat yang diduduki, Yerusalem Timur dan Jalur Gaza yang terkepung. Jumlah itu terhitung sejak Trump mengumumkan keputusannya untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (Ki/Ram)