Trump Janji Kembalikan Bantuan Militer Kepada Mesir

Eramuslim – Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjanji akan memberikan bantuan militer kepada pemerintahan kudeta militer Sisi dalam rangka perang melawan Islam, seperti dilansir Al Arabiya dalam terbitannya hari Senin (23/01).

Kebijakan tersebut diutarakan Trump dalam percakapan teleponnya dengan Presiden kudeta Sisi, seperti dilansir Sean Spicer dalam keterangannya di Gedung Putih.

“Presiden menggaris bawahi komitmennya untuk terus memberikan bantuan militer ke Mesir, dan bekerjasama dengan mereka untuk memastikan bantuan digunakan untuk mendukung pertempuran militer melawan Islam,” ujar Sean Spicer.

Donald-Trump1

Kebijakan ini berbeda dengan mantan presiden Barack Obama yang memutuskan untuk menangguhkan sebagian bantuan militernya kepada Mesir, sedangkan Trump justru menawarkan bantuan penuh dan hubungan diplomatik kepada Mesir.

Perlu diketahui bahwa mantan Presiden Obama memutuskan untuk menangguhkan sebagian bantuan militer tahunan sebesar 1,3 miliar dolar AS kepada Mesir setiap tahunnya sejak bulan Maret tahun 2015.

Di sisi lain, keterangan yang sama juga dilontarkan Alaa Youssef, juru bicara kepresidenan Mesir. Menurutnya, keinginan As-Sisi untuk bekerja sama dengan AS disambut hangat oleh Donald Trump. (Alarabiya/Ram)