free hit counters
 

Keutamaan Jumatan: Hapus Dosa dan Tinggikan Derajat

Eramuslim – ALLAH telah memberikan karunia yang besar pada kita dengan adanya salat Jumat. Di antara keutamaan salat tersebut bisa menghapuskan dosa dan kesalahan, juga bisa meninggikan derajat seorang mukmin, biidznillah.

Sungguh akan merugi apabila tidak mengerjakan atau melaksanakan salat Jumat karena didalamnya terdapat pahala yang besar. Apa keutamaan salat Jumat dan bagaimana ancaman bagi orang yang tidak mau mengerjakan salat Jumat atau dengan sengaja meninggalkan salat Jumat?

Keutamaan/fadilah salat Jumat:

1. Dapat menghapuskan dosa

Dikeluarkan oleh Imam Muslim, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullahshallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Di antara salat lima waktu, di antara Jumat yang satu dan Jumat yang berikutnya, itu dapat menghapuskan dosa di antara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar.” (HR. Muslim no. 233).

2. Allah menyempurnakan Islam dan mencukupkan nikmat



Pada hari itu, Allah menyempurnakan bagi orang beriman agama mereka, Dia pun mencukupkan nikmat-Nya, dan itu terjadi pada hari Jumat. Allah Taala berfirman:

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al Maidah: 3).

Ketika Ibnu Abbas membaca ayat di atas, beliau berkata, Orang Yahudi mengatakan:

Seandainya ayat ini turun di tengah-tengah kami, niscaya kami akan merayakan hari turunnya ayat tersebut sebagai ied (hari besar atau hari raya). Ibnu Abbas berkata bahwa ayat ini turun saat bertemunya dua hari raya yaitu hari raya ied (haji akbar) dan hari Jumat. (Disebutkan pula oleh Ibnu Jarir Ath Thobari dalam kitab tafsirnya)

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tafakur Terbaru