free hit counters
 

Adab Makan dalam Islam Harus Pakai Tangan Kanan, Bagaimana Kalau Kidal?

Eramuslim – SEGALA sesuatu tentang kehidupan, baik dari hal besar hingga yang sederhana sudah diatur secara terperinci dalam Islam. Contohnya adab ketika makan pun sudah ditentukan.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan setiap muslim harus makan menggunakan tangan kanan.

“Makan dengan tangan kanan juga adalah ada adabnya dan diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (9/10/2019). Seperti hadist yang diriwayatkan Ibnu Umar RA:

إذا أَكَلَ أحدُكُم فليأكلْ بيمينِهِ . وإذا شرِبَ فليشربْ بيمينِهِ . فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بشمالِهِ ويشربُ بشمالِهِ



Penjelasannya; “Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan (menggunakan) tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan (menggunakan) tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020).

Namun lain halnya apabila seseorang memiliki udzur atau halangan, misalnya ia kidal atau tangan kanannya terluka. Jika demikian, maka diperbolehkan makan menggunakan tangan kiri, dan maka hukumnya mubah (boleh). Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin mengatakan:

الأكل باليد اليسرى بعذر لا بأس به،

Makan dan minum dengan tangan kiri ketika ada udzur hukumnya tidak mengapa.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Fikih Kontemporer Terbaru