free hit counters
 

Khawatir dengan Pengaruh Keluarga Istri

Rumah kami berdekatan dengan mertua. Dan mertua serta ipar-ipar saya sering ke rumah saya. Yang menjadi masalah ipar-ipar saya sering berbuat dan berkata tidak baik. Demikian pula dengan mertua saya, bahkan sering bertengkar dengan anak-anaknya di rumah saya yang membuat ketenangan kami terganggu, bahkan tak jarang anak saya yang masih kecil terbangun dari tidurnya. Saya sebenarnya ingin pindah rumah, tapi istri saya tidak ingin jauh dari orang tuanya dengan berbagai alasan. Penghasilan kami juga pas-pasan tapi istri saya sering membantu keuangan keluarganya yang terkadang bukan urusan penting yang membuat kami sering kekurangan. Bagaimana saya mengatasinya???

Abdullah

Jawab :

Assalammu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,Bapak Abdullah yang ada dalam perlindungan Allah.



Saran saya dalam masalah bapak ini adalah, tegas!Sikap tegas sebagai pemimpin sangat diperlukan dalam sebuah rumah tangga.

Bapak ungkapkan saja baik-baik, bahwa bapak inginkan ketenangan dirumah ini, dan bapak tidak ingin rumah bapak dijadikan tempat untuk bertengkar keluarga istri bapak. Katakan saja terus terang, dan istri harus sepaham dengan bapak. Bapak kan kepala rumah tangga, istri harus taat, kalu tidak taat maka rumahtangga akan sulit diarahkan dan dibangun.

Begitu juga mengenai uang, istri tidak boleh memberikan uang suami kepada siapapun, apabila suami tidak ridho. Saran saya sayang pada istri boleh, bahkan wajib, namun ketegasan sangat diperlukan oleh seorang suami, bila bapak bisa bersikap tegas dan mengarahkan lama-lama istri akan menurut pada bapak.

Wassalam

Konsultasi Pendidikan & Keluarga Terbaru