Dalam Satu Tahun, 14 Ribu Orang Meninggal Akibat Konflik Senjata di Somalia

Apa bayangan yang muncul dalam benak kita mendengar14 ribu orang meninggal sepanjang satu tahun terakhir di 2007. Nyawa manusia seperti tidak mempunyai arti lagi.

Bukan hanya itu, bahkan 19. 270 ribu orang lainnya terluka dan sekitar satu setengah juta hidup terlunta-lunta di belantara hutan dan pemukiman pengungsian yang tak menentu.

Kondisi itulah yang terjadi menimpa rakyat Somalia dan Ethiopia pasca pengusiran paksa Mahakim Islamiyah yang semula menguasai Mogadishu pada akhir tahun 2006.

Sepanjang 2007, tercatat leih dari 6.500 orang Somalia meninggal dan sekitar 8.500 orang lainnya terluka. Dari jumlah itu, terdapat 1.409 orang pasukan tentara dan polisi Somalia yang meninggal, ditambah 3.278 yang terluka.

Menurut Elman, organisasi HAM Somalia, jumlah orang tewas tersebut belum termasuk 3.059 orang pasukan Etioipia dan 7.492 orang pasukan terluka. Kemudian, ditambah lagi dengan sekitar 2.650 orang pasukan Mahakim Islamiyah yang juga gugur.

Sepanjang tahun 2007, pasukan Mahakim Islamiyah melakukan operasi militer sebanyak 241 kali teradap pasukan pemerintah sementara Somalia dan Ethiopia. Selain itu ada enam kali serangan bom yang menewaskan banyak serdadu Somalia dan Ethiopia. Sedangkan tentang jumlah pengungsi, menurut PBB mencapai satu setengah juta orang di mana 60% dari mereka adalah para penduduk Mogadishu, ibukota Somalia. (na-str/iol)