Jihadis IS Rubah Strategi Gerilya Hadapi Serangan Udara Koalisi AS

Militant Islamist fighter uses a mobile to film his fellow fighters taking part in a military parade along streets of Syria's northern Raqqa provinceJihadis  Negara Islam di Irak dan Suriah mengubah strategi gerilya  dalam menghadapi serangan udara AS di Irak utara.

Mereka tidak menggunakan ponsel sejak serangan udara intensif  AS sejak kampanye penyerangan yang dimulai pada bulan Agustus.

Seorang kepala suku dari sebuah desa di selatan Kirkuk mengatakan jihadis IS “meninggalkan salah satu markas terbesar mereka di desa” untuk hadapi  kampanye serangan udara AS yang  menargetkan wilayah mereka.

“Mereka mengambil semua perlengkapan , kendaraan dan senjata. Kemudian mereka menanam bom pinggir jalan dan menghancurkan kantor pusat, “kata kepala suku yang menolak disebutkan namanya.

“Mereka tidak bergerak dalam konvoi militer seperti sebelumnya. Sebaliknya mereka menggunakan sepeda motor, sepeda, dan jika perlu, mereka menggunakan mobil yang disamarkan, “katanya.

Para militan juga telah menyembunyikan  bendera hitam mereka di beberapa rumah tinggal , dan kebanyakan rumah tersebut dibiarkan kosong , untuk menciptakan kebingungan tentang keberadaan mereka yang sebenarnya.

Sumber-sumber intelijen Tribal dan lokal mengatakan serangan udara pada hari Kamis dekat kota Bashir, 20 km (12 mil) selatan Kirkuk, dikabarkan telah membunuh dua pemimpin senior IS lokal .

Di desa lain dekat Haweeja di Irak utara, sebuah sumber mengatakan para militan tidak lagi menggunakan konvoi panjang kendaraan  dengan senapan mesin terpasang , mereka menggantinya dengan sepeda motor.

Serangan udara AS dan sekutunya  tidak berarti telah melumpuhkan mereka. Para jihadisnya bahkan maju menuju kota strategis di perbatasan Suriah utara dengan Turki pada hari Jumat, memerangi pasukan Kurdi, sementara koalisi pimpinan AS lakukan serangan udara menghantam ladang minyak dan basis mereka di timur Suriah. (Arby/Dz)