5 Foto Konflik Suriah Yang Mengguncang Dunia

revolusi suriahEramuslim – Empat tahun sudah revolusi Suriah berlangsung sejak bulan Maret tahun 2011 tanpa menunjukan adanya tanda-tanda akan berakhir. Ribuan judul head line berita, ribuan gambar foto dan ratusan video sudah di upload berbagai media internasional baik cetak maupun elektronik.

Dari ribuan foto-foto yang telah menghiasi media cetak dan elektronik mengenai Suriah, kantor berita elektronik Rassd mencoba menyaring 5 foto yang paling banyak menyita perhatian dan menimbulkan kegetiran dalam hati mengenai kekejaman Bashar Al Assad dan milisi Syiahnya yang tega menargetkan warga sipil.

Berikut 5 foto tersebut;

Pertama adalah foto seorang anak yang tewas tergeletak dipinggiran tepi pantai Turki.

Polisi pantai Turki menerangkan bahwa anak tersebut beserta 30 orang warga Suriah lainnya mencoba menyeberangi Lautan Mediterani menuju Pulau Kos, Yunani, pada Rabu (03/09) pagi waktu Turki, sebelum akhirnya tenggelam tidak lama setelah berlayar.

Tercatat dalam musibah tersebut sebanyak 15 orang dinyatakan selamat setelah berhasil berenang ke tepi pantai, 12 orang meninggal dunia, dan 3 lainnya dinyatakan hilang.

Foto ini pun sempat menjadi trending topic di jejaring sosial Twitter sepanjang hari Rabu kemarin, dan menyebabkan banyak kecaman internasional akibat pembasmian warga sipil Suriah oleh rezim Bashar Al Assad.

5 foto suriah - balita korban tenggelam

Kedua adalah foto pengungsi Suriah di kamp pengungsian.

Foto ini menarik minat banyak orang di dunia maya setelah memperlihatkan ekspresi yang dikeluarkan seorang gadis kecil Suriah menghadapi musim dingin yang keras dan kurangnya bantuan internasional terhadap mereka.

Menurut perkiraan PBB, hampir setengah dari pengungsi Suriah yang kini berada di luar negeri adalah kaum anak-anak, lalu disusul kaum perempuan,

5 foto suriah - pengungsi kedinginan

Ketiga adalah foto pengungsi Suriah yang mencoba melewati perbatasan darat Hungaria.

Bermimpi menemukan hidup yang lebih baik di tanah impian Eropa, pengungsi yang terdiri dari satu keluarga ini terpaksa harus berurusan dengan pihak aparat berwenang setelah dituding melanggar perbatasan melalui jalur non-resmi.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui identitas dan bagaimana keadaan keluarga Suriah yang sejak 6 hari lalu dibawa aparat berwenang Hungaria.

5 foto suriah - melintasi perbatasan hungaria

Keempat adalah foto anak Suriah yang terkubur akibat pesawat udara Bashar Al Assad

Tidak diketahui kapan serangan ini terjadi, akan tetapi sumber yang didapat menjelaskan bahwa anak ini harus meregang nyawa setelah bom barel yang dijatuhkan pesawat militer Bashar Al Asaad di kota Aleppo meluluh lantahkan bangunan miliknya.

5 foto suriah - terkubur akibat kekejaman Assad

Kelima adalah foto anak-anak yang mengintip dari reruntuhan bangunan

Ini adalah foto yang banyak diperbincangkan di dunia jejaring sosial. Dimana kedua anak Suriah yang selamat dari serangan membabi-buta rezim Bashar Al Assad, melihat keluar untuk memastikan apakah bunyi pesawat yang beberapa waktu lalu menghancurkan tempat tinggalnya akan kembali mengancam nyawanya. (Rassd/Ram)

5 foto suriah - melihat langit suriah