India Akan Bolehkan Perempuan Terbangkan Jet Tempur

pilot jet F16 UEAEramuslim – Komandan Angkatan Udara India mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat angkatannya akan memperbolehkan wanita untuk menerbangkan pesawat jet tempur, setelah adanya larangan pemerintah karena takut penyiksaan jika tertangkap musuh.

Dalam keterangan Marsekal Arup Raha di sebuah pangkalan udara di pinggiran New Delhi pada hari Kamis (08/10) kemarin mengatakan, “Kami telah memiliki pilot wanita di skuadron helikopter Angkatan Udara India. Dan kini saatnya membolehkan mereka menerbangkan pesawat tempur untuk memenuhi aspirasi perempuan muda di India.”

Marsekal Arup berharap pemerintah akan segera memberikan persetujuannya untuk merubah peraturan ini.

Perlu diketahui bahwa sejak tahun 1990 an lalu, pemerintah India hanya membolehkan wanita untuk bergabung di angkatan bersenjata untuk bagian administrasi, medis, dan pendidikan.

Hingga kini hanya ada 100 pilot penerbang yang tergabung dalam berbagai skuadron Angkatan Udara India yang semuanya adalah lelaki.

Tercatat selain India, China, Pakistan, dan Uni Emirat Arab telah terlebih dahulu membolehkan kaun wanita untuk menerbangkan pesawat jet tempur. (Almasryalyoum/Ram)