Sebelum Habis Masa Jabatan, Obama Berniat Terima 10 Ribu Pengungsi Asal Suriah

U.S. President Obama departs after delivering statement from Martha's Vineyard, MassachusettsEramuslim – Kamis 28 April 2016, Presiden AS Barack Obama berjanji akan menerima 10 ribu pengungsi Suriah di tahun 2016 ini, meskipun mendapat kritik tajam dari kubu oposisi dan pendukung pemerintah.

“Saya akan terus menerima kritik dan saran dari Partai republik maupun oposisi pemerintah mengenai kemungkinan infiltrasi militan di antara pengungsi,” ujar Obama dalam keterangan persnya.

Obama percaya bahwa pihak berwenang AS akan melakukan penyaringan mendetail terhadap setiap pengungsi yang diterima masuk.

Meskipun Obama telah berjanji untuk menerima 10 ribu pengungsi, akan tetapi Departemen Luar Negeri AS dalam pernyataannya pada 31 Maret kemarin hanya menyetujui 1.285 pengungsi di pertengahan tahun fiskal 2016.

Perlu diketahui bahwa ada sekitar 30 gubernur negara bagian lebih menyatakan menolak masuk pengungsi asal Suriah dengan alasan takut adanya penyusup yang ikut masuk ke dalam barisan pengungsi. (Skynewsarabia/Ram)