10 Serangan Teroris Selama Bulan Ramadhan Tahun 1437 Hijriyah (Bag.I)

bom madinahEramuslim – Dunia kembali berduka setelah Masjid suci ke 2 milik umat Islam (Masjid Nabawi) kembali menjadi target serangan teror oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab pada Senin (04/07) sore menjelang waktu berbuka.

Tidak hanya Masjid Al Aqsha di kota Al Quds, Palestina, yang selalu menjadi target penodaan warga Yahudi. Di bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah kali ini terdapat 10 serangan teror yang melanda berbagai tempat milik umat Islam di dunia.

Berikut 10 serangan tersebut:

29 Ramadhan 1437 Hijriyah

Disaat hampir yang bersamaan terjadi 2 ledakan bom yang berbeda di Arab Saudi menjelang waktu berbuka puasa kemarin sore, jauh dari pelataran Masjid Nabawi Syarif dan Masjid  Qutaif.

Empat orang polisi Arab Saudi dilaporkan tewas dalam serangan di Masjid Nabawi. Sedangkan di Masjid Qutaif tidak ada korban akibat serangan tersebut.

28 Ramadhan 1437 Hijriyah

Sebuah serangan bom bunuh diri terjadi di depan kantor konsulat AS di kota Jeddah sehari sebalum serangan bom di Masjid Nabawi dan Masjid Qutaif.

Tidak ada korban terluka dalam serangan ini, akan tetapi keamanan AS dan Saudi berkerjasama untuk mengungkap serangan ini.

28 Ramadhan 1437 Hijriyah

Di hari yang sama terjadi serangan bom berbeda di ibukota Baghdad, Irak, yang menewaskan 187 korban tewas dan 115 lainnya terluka.

Bom kali ini menargetkan sebuah pasar di kawasan ibukota yang sedang ramai dikunjungi warga Irak untuk membeli bahan pokok menjelang Hari raya Iedul Fitri 1437 Hijriyah.

24 Ramadhan 1437 Hijriyah

Serangan bom keempat dilakukan kelompok pemberontak syiah Houthi di ibukota provinsi Hadara Maut Yaman, Makala. Sebanyak 38 orang tewas dalam serangan ini dan puluhan warga sipil lainnya terluka.

23 Ramadhan 1437 Hijriyah

Satu hari sebelum bom Yaman, ibukota Turki, Ankara, diguncang serangan berdarah yang diduga dilakukan kelompok Partai Buruh Kurdistan di Bandar Internasional Ataturk.

41 orang tewas dalam peristiwa serangan berdarah tersebut, 13 diantaranya adalah warga asing. (Rassd/Ram)