26 Santri Pesantren Alquran Tewas Terbakar Saat Menuntut Ilmu, Ini Ganjarannya

Udjae menambahkan, keluarga korban pun akan mendapatkan pahala yang besar. Yaitu selama mau bersabar dan ikhlas melepaskan kepergian anggota keluarganya.

“Artinya ini adalah musibah. Bagi keluarga korban, sudah tentu mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda, selama dia bersabar atas musibah yang memang diberikan oleh Allah SWT,” ujarnya

Lalu apa saja balasan bagi orang mati syahid?

  1. Mendapatkan pengampunan, rahmat, dan pahala

Seseorang yang mati syahid akan mendapatkan pengampunan, rahmat dan pahala yang besar dari Allah SWT. “Wahai kaum mukmin, jika kalian terbunuh ketika membela Islam atau kalian mati, maka kalian akan mendapatkan pengampunan dari Allah dan rahmat-Nya. Hal itu lebih baik bagi para syuhada daripada harta yang dikumpulkan orang-orang kafir.” (QS. Ali Imran 157)

  1. Orang yang mati syahid tidak mendapat siksa kubur dan tidak dihisab

Orang yang mati syahid tidak mendapat siksa kubur, dan tidak dihisab oleh Allah SWT.

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad, beliau bersabda, “Beliau pernah bertanya kepada Jibril mengenai ayat yang berbunyi. “Pada hari kiamat, sangkakala ditiup. Seluruh makhluk yang berada di langit dan di bumi akan pingsan. Tetapi ada makhluk yang Allah kehendaki tidak pingsan. Kemudian sangakakala ditiup sekali lagi. Ketika itu semua manusia telah berdiri menantikan perhitungan amal mereka di hadapan Allah (QS Az-Zumar[39]68)

Beliau bertanya, “Siapakah orang yang dikehendaki Allah, sehingga mereka tidak jatuh tersungkur? Jibril menjawab, “Mereka adalah para syuhada yang jihad karena Allah. (HR Hakim). (okz)