Amerika Serikat Dan Rusia Sepakat Perundingan Damai Suriah Digelar Secara Langsung

Kerry-PutinEramuslim – Kamis 24 Maret 2016, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa Moskow dan Washington sepakat untuk menggelar perundingan negosiasi damai langsung antara rezim Syiah Bashar Al Assad dan kelompol revolusi Suriah.

“Dalam hal-hal yang mendesak, AS dan Rusia telah sepakat mendorong kedua belah pihak untuk memulai sesegera mungkin negosiasi langsung antara delegasi rezim Syiah Assad dengan kelompok revolusi,” ujar Sergey Lavrov kepada wartawan pasca pertemuan antara Presiden Vladimir Putin dengan Menlu AS John Kerry di ibukota Moskow.

“Kedua negara telah sepakat akan menekan masing-masing kelompok untuk memulai perundingan langsung dan transisi politik di Suriah,” ujar Lavrov seraya mengungkapkan rencana pembentukan konstitusi baru Suriah pada bulan Agustus mendatang.

Perlu diketahui bahwa perundingan negosiasi damai yang diselenggarakan PBB dari tanggal 14 hingga 24 Maret 2016 di Jenewa, Swiss, berlangsung tidak langsung antara delegasi rezim Syiah Assad dengan kelompok revolusi.

Utusan khusus PBB untuk Suriah, Steffan de Mistura, mengumumkan bahwa perundingan lanjutan akan dimulai pada 9 atau 10 April mendatang. (Alarabiya/Ram).