free hit counters
 

Gde Sandra: Ekonomi Indonesia 2020 Mengerikan!

Redaksi – Rabu, 25 Jumadil Awwal 1441 H / 22 Januari 2020 10:00 WIB

Eramuslim.com – KOREKSI besar dalam perekonomian akan terjadi sebelum akhir tahun 2020. Sekarang, di Januari 2020, kondisi perekonomian sudah sangat mengkhawatirkan.

Bagi kalangan pengusaha kecil dan menengah, kaum buruh, juga petani di desa, untuk dapat survive saja sudah sulit.

Pembangunan fisik yang tampak nyata tidak berelasi dengan peningkatan kesejahteraan mereka. Di desa, petani tidak bahagia karena selalu tekor setelah panen.

Apalagi di banyak daerah, panen dipastikan gagal karena terkena banjir. Desa akan kekeringan cash di pertengahan tahun 2020.



Di kota, situasi tidak kalah buruknya. Pemerintah terus mencabut subsidi bagi kalangan kecil dan menengah, sementara kalangan atas -1 % orang terkaya di Indonesia- terus dimanja dengan berbagai subsidi, rente, dan kemudahan pajak.

Sebagai contoh yang paling jelas adalah dalam kasus gas. Harga gas melon, 3 kg, yang paling banyak dikonsumsi oleh usaha kecil, akan dicabut subsidinya oleh pemerintah.

Harga gas melon akan naik, sehingga usaha kecil terpaksa menaikkan harga produknya. Belum lagi ditambah dengan pencabutan subsidi harga TDL bagi pelanggan kecil.

Kebijakan-kebihakan ini mengurangi daya beli masyarakat kecil.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Analisa Terbaru