Ancam Saudi, Syiah Houthi Pamerkan Rudal Buatan Dalam Negeri

Nujum TsaqibEramuslim – Untuk pertama kalinya sejak operasi “badai penghancur” digelar koalisi regional Arab pada 26 Maret lalu, kelompok Syiah Houthi memamerkan rudal yang digunakan untuk menghujani kota-kota di selatan Arab Saudi.

Seperti terekam dalam salah satu stasiun televisi miliki kelompok Syiah Yaman tersebut, menampakan rudal “Nujum Tsaqib” milik kelompok Houthi yang siap diluncurkan kearah perbatasan selatan Saudi.

Seperti dilansir kantor berita Yaman Press menyatakan bahwa kelompok Syiah Houthi memiliki 2 rudal utama buatan sendiri dengan nama Nujum Tsaqib 1 dan Nujum Tsaqib 2.

Nujum Tsaqib 1 adalah rudal generasi pertama yang dibuat oleh kelompok Syiah Houthi dengan panjang sekitar 3 meter dan dapat membawa hulu ledak sekitar 50 kilogram, dengan jangkauan mencapai radius 50 kilometer.

Beralih kegenerasi kedua rudal buatan kelompok SYiah Houthi yang diberi nama Nujum Tsaqib 2. Rudal ini mampu menjangkau jarak dalam radius 75 kilometer, dan mampu membawa hulu ledak seberat 75 kilogram.

Perlu diketahui bahwa hingga pekan ini kelompok Syiah Houthi baru menggunakan Nujum Tsaqib 1 untuk mengempur kota-kota di provinsi Jizan, sebelah selatan Arab Saudi. Sebagai aksi balasan atas operasi militer yang diluncurkan bangsa Arab untuk menggagalkan kudeta militer terhadap Presiden Abed Rabbo Mansur Hadi. (Dostor/Ram)

Berikut sejumlah foto Nujm Tsaqib Syiah Houthi;

Nujum Tsaqib - 1

Nujum Tsaqib - 4

Nujum Tsaqib - 2

Nujum Tsaqib - 3