AS Akan Melemparkan Banyak Tuduhan Untuk Abu Ghaith DI Pengadilan New York

Suami dari salah satu anak gadis pemimpin jihadis al-Qaeda Osama bin Laden, Jumat, berada dihadapan pengadilan federal di New York, di mana ia baru akan didakwa karena melakukan konspirasi untuk membunuh orang Amerika.

Sumber di pemerintah AS mengatakan bahwa Suleiman Abu Ghaith telah muncul dalam video dan berbicara untuk al-Qaeda setelah aksi pada 11 September 2001. Ia ditangkap di Turki dan dipindah ke New York untuk diadili, dan Abu Ghaith dituduh sebagai salah satu pemimpin tertinggi di jaringan Al-Qaeda yang dikirim ke Amerika Serikat untuk diadili di pengadilan sipil.

Ada pendakwaan yang diumumkan pada kamis “antara lain Abu Ghaith memaksa orang-orang untuk sumpah setia kepada Osama bin Laden dan ia berbicara atas nama al-Qaeda kemudian ia mendukung operasinya dan memperingatkan bahwa serangan serupa dengan 11 September 2001 akan terus berlanjut.”
Menurut peraturan AS bahwa Abu Ghaith yang dituduh berpartisipasi dalam konspirasi “yang akan dilakukan, akan membunuh warga AS di dunia mana saja.” Dan seluruh aksinya disebutkan baik sebelum dan sesudah serangan 11 September.
Pemerintah AS mengatakan bahwa Abu Ghaith pada hari Jumat,akan dihadirkan  sebelum Pengadilan Distrik AS di Manhattan yang mana jaraknya hanya beberapa blok  dari lokasi World Trade Center yang hancur dalam serangan 11 September.(zae/IT)