Baik untuk Kesehatan, Ini Rangkaian Manfaat Konsumsi Kurma

Eramuslim – Umat Islam tentu sudah tidak asing dengan buah kurma, bukan? Buah ini tidak hanya bisa dikonsumsi di bulan Ramadhan saja, melainkan bisa dikonsumsi setiap hari. Selain rasanya yang manis dan nikmat, kurma juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Beautynesian bisa mengonsumsi 3 buah kurma setiap hari dalam seminggu, untuk mendapatkan manfaat kesehatan seperti di bawah ini!

  1. Melancarkan pencernaan

Manfaat konsumsi kurma yang pertama adalah untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh dan melindungi sistem pencernaan dari bakteri jahat. Selain itu, buah kurma juga mengandung 12 gram serat yang berguna untuk mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar secara teratur. Menurut British Journal of Nutrition, orang yang rutin mengonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari memiliki frekuensi buang air besar yang lebih teratur dan lancar daripada yang tidak makan kurma.

  1. Mengatasi wasir

Saat mengalami kesulitan buang air besar, cenderung seseorang bisa mengalami wasir. Wasir adalah vena di anus dan dubur yang membengkak karena meradang. Jarangnya memakan sayuran dan buah-buahan bisa memicu semakin parahnya kondisi wasir.

Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya merasakan tidak nyaman dan sakit. Wasir bisa dicegah dengan mengonsumsi serat yang cukup, seperti yang terkandung dalam buah kurma.