Cabut Surat Pengunduran Diri, Presiden Yaman Janji Habisi Pemberontak Syiah Houthi

Abed Rabbo Mansour HadiEramuslim – Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi mengumumkan secara resmi mencabut surat pengunduran dirinya sebagai presiden Yaman, dan akan melaksanakan tugasnya sebagai kepala negara yang sah dari kota Aden, di Yaman selatan.

Hal ini disampaikan Presiden Abed Rabbo pada Minggu (22/02) malam, pasca pertemuannya dengan para gubernur dan perwira militer di wilayah selatan Yaman melalui stasiun televisi Aden, yang kini menjadi satu-satunya media pemerintah.

Sementara itu gubernur provinsi Aden, Abdul Aziz bin Habtoor, paska pertemuannya dengan presiden Hadi mengatakan kepada wartawan bahwa pengunduran diri Presiden Hadi tidak lagi, karena DPR yang bertugas mengesahkan hal tersebut telah tiada, mengacu pada pembubaran parlemen Yaman oleh Syiah Houthi pada awal Februari lalu.

Gubernur Abdul Aziz bin Habtoor menambahkan, “Presiden Hadi bertekad untuk menyelesaikan proses politik dan akan secepatnya membahas rancangan konstitusi dan penerapan hasil dialog nasional Yaman dibawah naungan PBB.”

Sedangkan ketika ditanya mengenai kudeta militer Syiah Houthi di ibukota Sana’a, gubernur Abdul Aziz bin Habtoor mengatakan bahwa langkah mengenai hal ini akan diumumkan kemudian hari setelah pertemuan dengan perwakilan dari pemerintah daerah Yaman. (Bbcarabic/Ram)