China Tolak Penyelidikan Internasional untuk Ungkap Asal Usul Virus Corona

Apa yang jadi keberatan China? Sejak wabah terjadi, sejumlah negara sudah menyerukan agar diadakan penyelidikan internasional agar masuk ke China, dan meneliti bagaimana virus berkembang. Pada Kamis (23//4/2020), Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan bakal membawa isu ini ke pertemuan tahunan Dewan Kesehatan Dunia. Dilansir BBC Jumat (24/4/2020), pertemuan induk Badan Kesehatan Dunia (WHO) itu bakal diadakan Mei, dengan Australia merupakan salah satu anggota eksekutif.

Organisasi itu sendiri sebelumnya sudah mulai mengembuskan diskusi mengenai peninjauan “apa yang sudah dipelajari” dari masa darurat ini. Tetapi Chen sudah menekankan bahwa negaranya tidak akan setuju dengan investigasi itu. “Semuanya bermotif politik,” tegas dia.

Dia menuturkan bahwa upaya dunia menyelidiki mereka hanya akan membagi fokus dan sumber daya di tengah penyebaran virus corona. “Jelas-jelas ini bermuatan politik. Saya pikir tidak akan ada yang setuju dengan ini. Tidak akan memberikan hasil baik,” kilahnya. Dia menjelaskan, yang paling berbahaya adalah begitu banyaknya disinformasi mengenai asal usul virus Covid-19, dan sama berbahayanya dengan pandemi itu sendiri.(Jft/KOMPAS)