Dewan Ulama Senior Arab Saudi Sebut PBB Bemuka Dua

Dewan Ulama Senior Arab SaudiEramuslim – Minggu 5 Mei 2016, Dewan Ulama Senior Arab Saudi mengkritik sikap dan laporan terbaru yang dikeluarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa “PBB” mengenai Yaman, dan menyebut lembaga internasional PBB bermuka dua.

“Pekerjaan anda adalah berusaha menyebarkan perdamaian di dunia. Dan saat ini anda tidak berhasil melakukan itu dengan membuat laporan ambivalensi terhadap krisis di Yaman. Lalu bagaimana dengan sponsor terbesar terorisme dunia.. Iran?”, tulis Dewan Ulama Senior Arab dalam kicauan di akun Twitter resmi pada akhir pekan kemarin.

Kecaman tajam ini dilontarkan Dewan Ulama Senior Arab kepada Sekjen Ban Ki Moon setelah terbitnya laporan PBB yang menyatakan Arab Saudi bertanggung jawab atas banyaknya korban sipil tewas di Yaman akibat serangan udara aliansi Muslim Sunni.

Dalam konteks yanga sama, juru bicara aliansi Muslim Sunni yang dipimpin oleh Arab Saudi, Brigadir Jenderal Ahmad Asiri, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Sky News Arabia bahwa laporan yang diterbitkan PBB hanya berdasarkan keterangan dari kelompok Syiah Houthi saja.

Brigadir Jenderal Ahmad Asiri menegaskan bahwa serangan udara yang dilancarkan aliansi Muslim Sunni telah memperhitungkan keselamatan warga sipil, dan selalu berkoordinasi dengan semua lembaga internasional, termasuk PBB untuk melindungi mereka. (Skynewsarabia/Ram)