CIA: Saudi dan Zionis-Israel Kerjasama Perangi Teror

Eramuslim – Direktur Central Intelligence Agency (CIA) Michael Richard Pompeo mengungkap fakta adanya kerjasam antara Zionis Israel dengan Kerajaan Arab Saudi dan negara-negara Arab Sunni lainnya dalam memerangi teror.

”Kami telah melihat mereka bekerja sama dengan Zionis Israel untuk terus melawan terorisme di seluruh Timur Tengah, sejauh ini kami dapat terus mengembangkan hubungan dan pekerjaan di samping mereka, negara-negara Teluk dan Timur Tengah, yang lebih luas,” ujar Pompeo di Reagan National Defense Forum, Sabtu (2/12).

Mantan Direktur CIA dan Menteri Pertahanan Leon Panetta di forum yang sama meminta negara-negara Arab Sunni moderat untuk membentuk sebuah koalisi dengan Israel, AS dan bahkan Turki untuk menjalankan operasi militer gabungan.

”Sangat penting bahwa di Timur Tengah, di mana Anda memiliki ISIS, di mana Anda memiliki Iran, kita harus mengembangkan koalisi yang lebih kuat dari negara-negara yang bersedia bekerja sama untuk menghadapi tantangan ini,” ujar Panetta, seperti dikutip Jerusalem Post, Senin (4/12).

“AS tidak dapat melakukannya sendiri, jelas orang Saudi tidak dapat melakukannya sendiri, negara-negara lain tidak dapat melakukannya sendiri. Tapi bersama dalam semacam koalisi negara-negara Arab yang bekerja dengan AS, bekerja dengan Israel, bekerja dengan Turki, untuk membangun koalisi yang kuat yang dapat beroperasi,” papar dia.