Drone Iran yang Menuju ke Israel Dijatuhkan Militer Yordania

eramuslim.com – Drone yang diluncurkan Iran untuk menyerang Israel harus melalui wilayah udara negara-negara di Timur Tengah, termasuk Yordania yang bertetangga dengan Israel. Drone Iran ditembak jatuh militer Yordania.

Dilansir Reuters, Minggu (14/4/2024), angkatan udara Yordania mengintersep dan menembak jatuh puluhan unit drone Iran lantaran drone-drone itu melanggar ruang udara Yordania.

Informasi ini diperoleh Reuters dari dua pihak keamanan regional setempat. Mereka mengatakan tentara Yordania juga menerapkan kewaspadaan tinggi. Sistem radar memonitor aktivitas drone apapun yang datang dari arah Irak dan Suriah.

Warga di sejumlah kota kawasan utara Yordania yang berbatasan dengan Suriah, serta warga di tengah dan kawasan selatan, melaporkan ada suara kencang yang terdengar dari udara.

Di Amman, 60 km dari Yerusalem, sejumlah drone yang ditembak jatuh telah terlihat. Warga berkumpul di puing-puing drone yang jatuh di kawasan komersial, daerah pinggiran kota Marj al Hamam. Yordania menutup wilayah udaranya.

“Pihak berwenang terkait mengambil keputusan untuk menutup wilayah udara untuk alasan pencegahan karena situasi keamanan di sekitarnya,” kata juru bicara pemerintah Yordania, Muhannad Mubaideen.

Mubaideen membantah laporan media bahwa kerajaan telah mengumumkan keadaan darurat, dan menambahkan tidak ada alasan untuk khawatir di kalangan warganya.

Yordania bertetangga dengan Suriah dan Irak – keduanya merupakan negara tempat pasukan proksi Iran beroperasi – dan juga bersebelahan dengan Israel dan Tepi Barat yang diduduki Israel.

 

(Sumber: Detik)

Beri Komentar