Dukung Palestina dan Kutuk Pemerintah AS, Macklemore Rilis Lagu Hind’s Hall

Macklemore Palestina

Eramuslim.com – Rapper asal Amerika Serikat, Macklemore, merilis sebuah lagu baru untuk mendukung perjuangan Palestina dan mengutuk para mahawasiswa pro Palestina yang melakukan aksi demo di AS berjudul “Hind’s Hall.”

Judul lagu itu merujuk pada Hamilton Hall, sebuah gedung di Universitas Columbia yang diduduki oleh para mahasiswa sebagai bentuk protes terhadap serangan Israel dan desakan untuk menghentikan perang.

Para mahasiswa lantas mengganti Hamilton menjadi Hind, nama dari seorang anak Palestina berusia enam tahun, yang dibunuh oleh tentara Israel di Gaza saat sedang meminta pertolongan dari mobil berisi keluarganya yang telah lebih dulu meninggal.

Dalam “Hind’s Hall”, ia membahas berbagai topik termasuk protes mahasiswa global terhadap Israel, politik Amerika, kebrutalan polisi, sensor media sosial dan supremasi kulit putih:

“Orang-orang, mereka tidak akan pergi / Apa yang mengancam tentang divestasi dan menginginkan perdamaian? / Masalahnya bukan pada protesnya, tapi pada apa yang mereka protes / Itu bertentangan dengan apa yang didanai oleh negara kita / Hadang barikade sampai Palestina merdeka.”

Sang musisi juga mengkritik Presiden AS Joe Biden yang mendukung Israel: “Darah ada di tangan Anda, Biden, kami dapat melihat semuanya / Saya tidak akan memilih Anda pada musim gugur nanti.”

Macklemore merilis lagu “Hind’s Hall” di berbagai platform sosial medianya dan mendapat banyak respon positif dari warganet.

“Ini adalah lagu kebangsaan kita sekarang,” ujar salah satu warganet. Sementara yang lain mengatakan bahwa ini adalah “sejauh ini tanggapan terbaik” yang pernah mereka lihat dari “selebritas mana pun dan sayangnya lebih baik daripada sebagian besar liputan berita.”

Meskipun lagu ini belum tersedia di platform streaming, sebuah klip yang dibagikan di Instagram telah ditonton lebih dari 10 juta kali dalam waktu 13 jam setelah diunggah. Macklemore secara konsisten menyuarakan dukungannya terhadap Gaza, dengan mengenakan keffiyeh Palestina dalam berbagai konsernya dan berpartisipasi dalam aksi protes pro-Palestina di Washington pada bulan Desember lalu.

Semua hasil dari “Hind’s Hall” akan disumbangkan kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) setelah lagu tersebut tersedia di platform streaming, kata sang artis.

Video Klip:

(Hidayatullah)

Beri Komentar