6 Manfaat Ucapan Hamdalah dalam Hidup, Raih Ketenangan dengan Satu Kata

Membuat Hati Tenang

Manfaat ucapan hamdalah yang ketiga adalah dapat membuat hati seseorang menjadi tenang. Ucapan ahhamdulillah dapat menciptakan perasaan yang tenang dan melegakan bagi orang yang sering mengucapkannya.

Karena dengan mengucapkan kalimat hamdalah, hati kita akan qana’ah (menerima dengan lapang dada) atas apa yang diberikan Allah SWT kepada kita. Pikiran kita akan selalu positif dengan setiap ketentuan dan takdir yang telah Allah SWT tetapkan.

Menentramkan Jiwa

Manfaat ucapan hamdalah yang keempat yaitu membuat jiwa menjadi tentram. Seseorang yang senantiasa bersyukur dengan mengucap alhamdulillah akan merasakan jiwa yang tentram.

Karena mau sekaya atau sebanyak apapun harta yang dimiliki, jika tidak bersyukur dengan apa yang kita punya maka akan sulit untuk mendapatkan ketentraman dalam jiwa.

Terhindar dari Depresi atau Stres

Manfaat ucapan hamdalah yang kelima adalah dapat terhindar dari depresi dan stres. Orang yang kurang bersyukur akan lebih mudah terkena stres atau depresi karena mereka selalu merasa kurang dengan apa yang telah mereka miliki.

Dengan membiasakan mengucap alhamdulillah, maka hati kita akan selalu merasa tenang dan terhindar dari munculnya stres.

Sebaik-baiknya Doa

Manfaat ucapan hamdalah yang terakhir yaitu hamdalah merupakan sebaik-baiknya doa. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang berbunyi,

“Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah.” (Hadits hasan, diriwayatkan oleh Tirmidzi). [Merdeka]