6 Manfaat Ucapan Hamdalah dalam Hidup, Raih Ketenangan dengan Satu Kata

Merupakan Sebaik-baiknya Perkataan

Manfaat ucapan hamdalah yang pertama adalah hamdalah merupakan sebaik-baiknya perkataan yang Allah pilihkan. Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memilih empat perkataan, yaitu subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, dan allahu akbar. Barangsiapa mengucapkan “Subhanallah” maka akan dituliskan untuknya dua puluh kebaikan dan dihapuskan darinya dua puluh kesalahan. Barangsiapa mengucapkan “Allahu Akbar” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Dan barangsiapa mengucapkan “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin” dari dalam hatinya, maka akan dituliskan untuknya tiga puluh kebaikan dan dihapuskan darinya tiga puluh kesalahan.” (HR. Ahmad).

Mendapat Pahala

Manfaat ucapan hamdalah yang kedua adalah kita bisa mendapatkan pahala. Bagi seorang muslim, tidak sulit jika ingin mengumpulkan pahala.

Orang yang mengucapkan alhamdulillah dengan ikhlas karena Allah SWT, berarti orang tersebut telah memuji Allah SWT.

Allah SWT pun akan memberikan pahala kepada orang tersebut. Jika orang tersebut mengucapkan alhamdulilah yang kedua kali, maka Allah SWT akan menambah lagi pahala baru untuk orang tersebut.