Ancam Yunani, Erdogan Tegaskan akan Ambil Hak Turki di Laut Hitam, Aegia, dan Mediterania

Eramuslim.com – Turki bertekad untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk mendapatkan haknya di Laut Hitam, Aegea dan Mediterania. Hal itu ditegaskan oleh Presiden Turki, Tayyip Erdogan.

Berbicara di sebuah acara memperingati kemenangan militer abad ke-11 oleh Seljuk Turki atas kekaisaran Bizantium di Malazgirt, Erdogan juga meminta semua orang untuk menghindari kesalahan yang menurutnya akan membawa kehancuran mereka.

“Kami tidak akan mengkompromikan apa yang menjadi milik kami. Kami bertekad untuk melakukan apa pun yang diperlukan,” kata Erdogan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (26/8/2020).

Terkait dengan Mediterania, Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas meminta Yunani dan Turki untuk meredakan ketegangan di Laut Mediterania Timur. Ia memperingatkan bahwa percikan apa pun, sekecil apapun, dapat menyebabkan bencana.

“Situasi saat ini di Mediterania timur, bermain-main dengan api, dan percikan api apa pun, betapapun kecilnya, dapat menyebabkan bencana. Tidak ada yang tertarik dengan itu, dan tentu saja tidak dalam konfrontasi militer antara mitra NATO dan tetangganya,” ucap Maas.[mr/snd]