free hit counters
 

Bantu Pekerja, Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Sudais Ikut Bersihkan Kabah

Redaksi – Rabu, 5 Ramadhan 1441 H / 29 April 2020 06:30 WIB

Eramuslim.com – ┬áImam besar Masjidil Haram Shiekh Abdurrahman Al Sudais terlihat ikut bekerja membersihkan Kakbah, Senin (27/4/2020).

Pria yang juga menjabat Presiden Umum Dua Masjid Suci itu turut membantu petugas kebersihan Masjidil Haram yang sejak wabah virus corona harus bekerja ekstra membersihkan tempat paling suci bagi umat Islam tersebut.

Sheikh Sudais mencuci dan mensterilkan Kakbah dan Maqom Ibrahim sebelum pelaksanaan Salat Isya, seperti dilaporkan Arab News, Selasa (28/4/2020).

Pembersihan kompleks Masjidil Haram sejalan dengan rekomendasi dan instruksi dari otoritas kesehatan yakni melakukan berbagai langkah pencegahan penyebaran virus corona, termasuk menjaga jarak yang aman antara jamaah.

Pembersihan ini juga salah satu dari sejumlah aktivitas yang diselenggarakan Kepresidenan Umum Dua Masjid Suci, mencakup pelestarian Hajar Aswad dan kain Kiswah.

Pada akhir pekan lalu, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud memerintahkan agar jam malam di negara itu diperlonggar sementara terkait wabah virus corona.



Pelonggaran jam malam ini berlaku di seluruh wilayah Arab Saudi, namun tak termasuk Makkah, tempat Masjidil Haram. Kota suci pusat ibadah haji dan umrah itu tetap memberlakukan larangan keluar 24 jam bagi warganya.

Disebutkan, warga boleh beraktivitas di luar rumah dari pukul 09.00 sampai 17.00, terhitung mulai Minggu (26/4/2020). Aturan ini berlaku selama 2 pekan atau sampai 13 Mei 2020 sambil dievaluasi perkembangannya.

Menyusul pengumuman ini, beberapa kegiatan bisnis diperbolehkan beroperasi seperti pusat grosir, toko retail, serta pusat-pusat perbelanjaan. Mereka diperbolehkan beroperasi mulai Rabu (29/4/2020) hingga 13 Mei.(*)

Dunia Islam Terbaru