Inggris Akui Peran Besar Warga Muslim bagi Kemajuan Inggris

Menteri Luar Negeri Inggris Jack Straw mengakui betapa berharganya kontribusi yang telah diberikan warga Muslim bagi masyarakat Inggris. Pengakuan itu disampaikannya dalam acara tahunan Muslim News Awards for Excellence ke-6 pada Senin (27/3) kemarin.

"Muslim Inggris memberikan kontribusi yang besar bagi kesuksesan, kemakmuran dan kebudayaan negeri ini dan hal itu patut dihargai lewat acara seperti Muslim News Awards for Excellence ini," kata Straw seperti dikutip situs The Muslim News.

"Muslim Inggris adalah titik temu antara Inggris dan Islam. Merayakan kesuksesan bersama adalah cara terbaik untuk menunjukkan bahwa dua identitas ini bisa dan tentu saja berkembang pesat dalam sebuah tempat yang sama dan dalam orang yang sama," sambung Straw.

Acara penghargaan itu melibatkan sekitar 700 tokoh, termasuk para politisi, pemimpin agama, wartawan dan kelompok aktivis. Penghargaan tahunan yang diluncurkan oleh surat kabar Muslim News sejak tahun 2000 ini, didisain untuk menghargai prestasi yang berhasil dicapai baik oleh Muslim maupun non Muslim.

Penghargaan dibagi dalam 15 katagori yang diberikan atas prestasi yang dicapai warga Muslim, mulai dari ilmu pengetahuan, teknik, seni sampai pembangunan di masyarakat. Penilaian untuk menentukan nominasinya dilakukan oleh anggota masyarakat dan para nominator serta pemenangnya diputuskan oleh sebuah tim independen yang terdiri dari 7 orang juri dari kalangan tokoh-tokoh yang dikenal dimasyarakat.

Editor Muslim News, Ahmed Versi mengatakan, penghargaan tahunan ini telah menjadi ‘lampu suar yang bersinar di tengah kesuraman.’ Ia menekankan pentingnya menghargai dan mengakui adanya ‘bintang-bintang yang bersinar’ dalam situasi seperti sekarang ini.

Dalam pesannya untuk acara penghargaan itu, PM Inggris Tony Blair mengatakan, penghargaan ini mengindikasikan ‘kontribusi Islam yang luar biasa selama berabad-abad pada dunia dalam bidang pendidikan, literatur, seni dan ilmu pengetahuan.’

Pemimpin oposisi Partai Konservatif, David Cameron menambahkan, rakyat Inggris sudah seharusnya bangga dengan ‘semangat, masyarakat multi ras ‘ ini. Hal serupa diungkapkan Ketua Partai Demokrat Liberal Sir Menzies Campbell. "Muslim menjadikan Inggris lebih baik dan lebih beragam. Masyarakat kita makin maju berkat warga Muslim baik dari sisi sosial, budaya, politik dan ekonomi," katanya.

Mereka yang Mendapatkan Penghargaan

Warga Muslim yang mendapatkan penghargaan antara lain, pemain cricket muda Bilal Mustapha Shafayat untuk bidang olah raga dan praktisi hukum Mudassar Arani untuk katagori warga terbaik, karena peran aktifnya memberikan ceramah di masjid-masjid dan universitas serta aktivitasnya menyebarkan lebih dari 5.000 brosur berisi himbauan dan saran pada aparat kepolisian dan aparat intelejen.dalam melakukan interogasi

Ahmad Al-Rawi Presiden Federation of Islamic Organizations in Europe (FIOE) yang berbasis di Leicestershire, juga mendapatkan penghargaan atas perannya mendorong pemahaman antara budaya-budaya global dan agama.

Di bidang seni, Jamil Ahmed menerima penghargaan atas kontribusinya dalam mengkombinasikan teknik melukis gaya Eropa dengan disiplin pembuatan kaligrafi Islam. Penghargaan untuk bidang teknik, ilmu pengetahuan dan teknologi jatuh pada Profesor Saghir Akhtar, seorang akademisi bertaraf internasional yang sekarang mengetuai Drug Delivery dan Direktur Centre for Genome Based Therapeutics di Cardiff University.

Cynthia Capey, pensiunan yang telah menghabiskan 50 tahun masa hidupnya untuk mendorong pemahaman antara warga Muslim, Kristen dan Yahudi di Suffolk meraih penghargaan untuk katagori kepedulian terhadap Muslim.

Sementara itu, pembawa acara berita BBC Jon Snow, diberi penghargaan bidang media untuk acaranya yang banyak menggali perkembangan dan acara-acara khas warga Muslim di berbagai negara Islam. (ln/iol)