Kekhawatiran Berlebihan Intelijen Inggris: “Ektremis Islam Mengancam Setiap Waktu”

intelijen inggrisKepala Intelijen Inggris (MI5) Andrew Parrker, memperingatkan adanya ribuan apa yang ia sebut sebagai Islam Ektremis, yang mana mereka akan menjadikan warga sipil sebagai sasaran serangannya.

Parker dalam sebuah pidato pertama kalinya sejak ia baru menjabat bulan April lalu di London mengatakan,”kelompok ini mewakili sumber ancaman yang hari ini lebih banyak dari waktu lalu.”

Dia menunjukkan bahwa Al-Qaeda dan semua organisasi yang berafiliasi kepadanya selalu menjadi ancaman serius yang semakin mendekat.

Selain itu ia juga mengkritik bocornya metode yang digunakan olehmarkas komunikasi pemerintahan Inggris dalam hal spionase elektronik oleh media, yang mana hal ini merupakan kerugian besar dan hanya akan memberikan keuntungan bagi para teroris.

Dokumen-dokumen yang dibocorkan oleh mantan pegawai di National Security Agency US, Edward Snowden telah mengungkapkan operasi memata-matai komunikasi dengan menggunakan tekni k spionase Amerika “Prism”, dan surat kabar The Guardian telah menyingkap dokumen-dokumen ini pada bulan Juni lalu. (hr/im)