Koin Emas Islam Terlangka di Dunia Bertuliskan 2 Kalimat Syahadat Akan Dijual, Ini Harganya

Poin lain yang membuat koin emas ini berharga tinggi adalah legenda Bil Hijaz yang menegaskan bahwa tambang emasnya berasal dari Hijaz. “Lokasinya di antara Makkah dan Madinah, di barat Arab Saudi saat ini,” kata juru spesialis lelang Morton & Eden.

Pada dasarnya ini adalah koin emas Islam pertama yang menyebutkan lokasi di Arab Saudi, dan memang yang paling awal dari wilayah Teluk secara keseluruhan.

“Dinar ini adalah salah satu yang paling dicari dari semua koin pada masa Islam awal dan merupakan yang terbaik yang diinginkan para kolektor koin Islam awal,” kata Stephen Lloyd, spesialis koin Islam dari Morton & Eden.

Kemudia Stephen Lloyd juga mengatakan, “hanya sekitar selusin koin yang diketahui saat ini dan hampir semuanya, sekarang disimpan menjadi koleksi pribadi atau museum internasional besar. Ini hanya spesimen kedua yang pernah ditawarkan di lelang publik.”

“Yang lain juga dilelang oleh juru lelang spesialis pada tahun 2011 ketika dijual dengan harga 3,72 juta poundsterling, memecahkan rekor harga untuk koin Islam apa pun dan koin emas apa pun yang dijual di Eropa,” ujar Stephen Lloyd. (okz)