Kumandang Azan Akan Disiarkan di Minneapolis AS Selama Ramadhan

Eramuslim.com – Memasuki awal Ramadhan, kumandang Azan akan disiarkan lima kali sehari di lingkungan Cedar-Riverside Minneapolis, Amerika Serikat. Ini merupakan pertama kalinya kumandang azan akan terus disiarkan selama Ramadhan, hingga akhir libur keagamaan di bulan Mei, di wilayah ini.

Menurut pantauan laman m.startribun.com, di lingkungan Cedar Riverside, ada beberapa masjid yang melayani komunitas Muslim termasuk yang dari Somalia, yang datang ke negara ini untuk menghindari kekerasan di tanah air mereka.

Kebijakan ini telah disetujui oleh Wali Kota Minneapolis, Jacob Frey, yang bekerja sama dengan Dewan Hubungan Amerika-Islam Minnesota (CAIR)  dan Masjid Dar Al-Hijrah.

“Pada saat jarak fisik mengharuskan kita salat terpisah, adalah kewajiban para pemimpin untuk menciptakan rasa kebersamaan di mana kita bisa,” kata Frey dalam rilis berita. “Azan memberikan solidaritas dan kenyamanan, yang keduanya sangat penting selama masa krisis.”

Lingkungan Cedar-Riverside adalah rumah bagi salah satu populasi Muslim Amerika terbesar di Minnesota. Mayoritas umat Muslim disini berasal dari negara-negara Afrika timur seperti Somalia dan Ethiopia.

Imam Sharif Mohamed dari Masjid Dar Al-Hijrah di lingkungan itu mengatakan bahwa siaran azan itu adalah cara untuk mengingatkan umat beriman bahwa mereka tidak sendirian, bahkan ketika mereka telah menghabiskan waktu berminggu-minggu di dalam rumah mereka.