Laporan IAEA: Iran Kooperatif dan Terbuka Soal Program Nuklirnya

International Atomic Energy Agency (IAEA) dalam laporan terbarunya tentang program nuklir Iran mengatakan bahwa Negara Para Mullah itu sudah mau bekerjasama dengan IAEA dan bersikap terbuka serta jujur tentang aspek-aspek penting dalam program nuklinya.

Laporan yang dirilis pada Kamis (15/11) menegaskan "secara umum Iran sudah mengungkapkan dengan jujur hal-hal penting dari perjalanan program nuklirnya. Laporan sepanjang 10 halaman itu antara lain menyebutkan, "Iran konsisten dengan pernyataan-pernyataannya dengan… informasi yang dimiliki IAEA. "

"IAEA bisa mengambil kesimpulan bahwa jawaban-jawaban yang pernah diberikan dalam pernyataan program sentrifugal P-1 dan P-2, konsisten dengan apa yang ditemukan IAEA di lapangan. Meski demikian, kami akan terus mencari bukti-bukti yang menguatkan dan memverifikasi kelengkapan keterang-keterangan yang diberikan Iran, " demikian sebagian isi laporan IAEA.

Dalam laporannya, Direktur IAEA Muhammad ElBaradei juga mengatakan bahwa Iran sudah memberikan akses yang memadai dan memberikan respon tepat pada waktunya dalam menjawab dan memberikan klarifikasi serta memperluas isu-isu yang muncul dalam konteks rencana kerja.

Laporan tersebut sudah disebarluaskan untuk persiapan pertemuan jajaran gubernur IAEA yang akan berlangsung di Wina, tanggal 22 November mendatang. (ln/presstv)